Sop Administrasi Perkantoran

Pengertian SOP secara umum
SOP atau standar operasional prosedur adalah dokumen petunjuk pelaksanaan suatu kegiatan atau pekerjaan agar mencapai hasil yang optimal. SOP dibuat untuk menertibkan dan menstandarisasi suatu kegiatan atau proses pekerjaan.
Pada umumnya, SOP berisi informasi tentang jenis kegiatan, tujuan, manfaat, waktu pelaksanaan, hingga langkah-langkah kerja yang harus dilakukan. Dengan adanya SOP, sebuah kegiatan atau pekerjaan dalam berjalan lebih efektif, efisien, dan terstandarisasi.
Dalam menulis SOP, dibutuhkan tahapan- tahapan khusus dan pengerjaan dengan tingkat ketelitian tinggi. Dalam pembuatan SOP dengan skala yang lebih besar dan kompleks, pengerjaan dilakukan dengan membentuk tim dengan pendelegasian tugas dan fungsi masing- masing.
Pengertian SOP Menurut Para Ahli
Standar Operasional Prosedur merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar (Sailendra, 2015:11).
SOP atau standar operasional prosedur adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan dan aktor yang berperan dalam kegiatan (Insani, 2010:1).
SOP adalah urutan langkah-langkah atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan. Di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya. Moekijat (2008).
Contoh SOP perusahaan :

Komentar